Manfaat Sehat Menikah


Ada yang berpendapat jatuh cinta adalah takdir tetapi menikah adalah pilihan. Menikah dengan orang yang tepat dan memang dicintai merupakan pilihan tepat karena bisa memberikan manfaat kesehatan. Berikut ini manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dengan menikahi sang pujaan hati, seperti dikutip dari Huffington Post :

1. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Makan yang baik, olahraga dan tidak merokok adalahupaya untuk menghindari serangan jantung. Tapi menurut penelitian European Journal of Preventive Cardiology, menikah juga bisa menjadi pencegah serangan jantung. Studi tersebut menganalisa rata-rata serangan jantung, yang fatal maupun yang tidak, di antara orang yang menikah dan tidak menikah di Finlandia. Hasilnya pria dan wanita yang menikah lebih sedikit mengalami serangan jantung, atau meninggal karena penyakit itu, dibanding yang single.

2. Panjang Umur

Menikah dengan sang pujaan hati bisa membuat panjang umur ketimbang yang tidak menikah. Berdasar penelitian Michigan State University yang dipublikasikan di Journal of Marriage and Family, pria dan wanita kulit putih yang menikah lebih panjang umur daripada pasangan yang hanya tinggal bersama. Namun peneliti tidak melihat hal serupa pada pria dan wanita Afro-Amerika.

3. Lebih Sehat Mental dan Fisik

Hubungan jangka panjang melalui pernikahan membuat perempuan lebih sehat secara mental dan membuat laki-laki lebih sehat secara fisik. Keuntungan ini akan semakin didapat seiring waktu berlalu, demikian editorial di British Medical Journal.  Namun, penelitian dari Universitas Cardiff mengakui bahwa suatu hubungan juga bisa memiliki efek negatif. Hal itu terutama terjadi jika salah satu pihak dari pasangan itu suka bersitegang.

4. Lebih Bahagia

Pria menikah lebih bahagia ketimbang bujangan. Demikian dilaporkan Men’s Health mengutip penelitian yang dilakukan peneliti Michigan State University.
Dari survei nasional yang melibatkan ribuan pasang suami istri di Inggris didapat fakta menikah memang tidak langsung membuat seseorang lebih bahagia ketimbang melajang. Namun pasangan menikah merasakan kebahagiaan yang berlangsung lebih lama, sedangkan orang yang melajang akan merasakan kebahagiaannya menurun seiring waktu berlalu.

5. Bisa Membantu Sembuh Lebih Baik

Pasangan yang menikah sembuh lebih baik usai menjalani operasi. Menikah bukan saja baik bagi jantung, tapi juga membuat jantung sembuh lebih baik setelah operasi. Demikian penelitian di Journal of Health and Social Behavior.  Penelitian yang digelar di universitas di Emory dan Rutgers, AS, menunjukkan bahwa orang yang menikah dan menjalani operasi jantung, tiga kali lebih mungkin untuk bertahan hidup, dibandingkan dengan pasien lajang.

6. Mengurangi Stres

Orang yang berkomitmen untuk memiliki hubungan lebih sedikit memproduksi hormon stres kortisol ketimbang yang tidak. Demikian studi yang dilakukan University of Chicago.  “Mereka yang single dan tidak memiliki pasangam lebih responsif terhadap stres psikologis ketimbang yang sudah menikah. Secara konsisten ditemukan bukti yang menunjukkan bahwa menikah dan dukungan sosial bisa menjadi penyangga menghadapi stres,” kata peneliti Dario Maestripieri dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Stress.

Jad… bagi anda-anda yang belum menikah..segeralah, apalagi di dalam Islam menikah itu ibadah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s