Manfaat Puasa Untuk Kesehatan


Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi umat muslim. Namun ternyata dibalik kewajiban tersebut ada manfaat besar tersimpan bagi pelakunya. Setelah diadakan penelitian di bidang medis modern, fakta menunjukkan bahwa puasa mendatangkan kebaikan bagi kesehatan tubuh.

Diantara berbagai manfaat puasa, 5 diantaranya adalah;

Meningkatkan kekebalan tubuh

Saat puasa, salah satu sel darah putih yang bernama limfosit jumlahnya meningkat hingga 10 kali. Ini bermakna baik bagi tubuh, sebab sel darah putih berfungsi positif untuk kekebalan tubuh melawan penyakit.

Memperbaiki hormon testosteron

Saat puasa, perubahan kadar hormon kejantanan (testosterone), perangsang kantung (FSH), dan lemotin (LH) nampak menurun di beberapa hari awal. Namun setelahnya, testosteron dan kualitas seksual akan meningkat pesat.

Rahasia hidup sehat jangka panjang

Dengan puasa, terjadi perubahan pola makan atau rotasi pola makan. Ini menyebabkan terjadi penurunan jumlah hormon sistem pencernaan yang dikeluarkan tubuh, termasuk juga hormon insulin. Penurunan jumlah hormon tersebut ternyata baik efeknya untuk sehat dalam jangka panjang.

Glukosa darah turun, demikian juga berat badan

Puasa Ramadhan ternyata berdampak pada penurunan kadar glukosa darah dan berat badan. Demikian juga terjadi penurunan HDL atau kolesterol jahat dan peningkatan LDL atau kolesterol baik. Ini terkait dengan pemilihan makanan sehat yang terjadi saat buka dan sahur.

Jantung sehat

Saat puasa, penurunan kadar LDL dan peningkatan HDL baik bagi kesehatan jantung.

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s